adsense

Sabtu, 05 Februari 2011

Dampak yang Sering Timbul pada Masalah Personal Hyiene


  • Dampak Fisik
Banyak gangguan kesehatan yang diderita seseorang karena tidak terpeliharanya kebersihan perorangan dengan baik. Gangguan fisik yang sering terjadi adalah gangguan integritas kulit, gangguan membrane mukosa mulut, infeksi pada mata dan telinga, dan gangguan fisik pada kuku.
  • Dampak Psikososial
Masalah social yang berhubungan dengan Personal Hygiene adalah gangguan kebutuhan rasa nyaman, kebutuhan dicintai dan mencintai, kebutuhan harga diri, aktualisasi diri dan gangguan interaksi sosial.


Keputihan merupakan cairan yang keluar dari vagina selain darah. Keputihan dapat dicegah dengan menjaga kebersihan genetalia. Salah satu faktor pendorong terjadinya keputihan adalah personal hygiene yang dapat dinilai dengan benar atau tidaknya cara merawat genetalia. Penilaian personal hygiene (perawatan genetalia) di SMA PGRI I Tuban menunjukkan bahwa sebagian besar siswi melakukan perawatan genetalia secara tidak benar. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan personal hygiene dengan kejadian keputihan pada remaja putri di SMA PGRI 1 Tuban.

Desain penelitian adalah cross sectional dengan populasi 76 siswi sehingga didapatkan sampel 64 responden. Tehnik pengambilan sampel adalah menggunakan cluster sampling, sedangkan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Kemudian diolah dengan membuat tabel silang antara variabel independen dan variabel dependen, sedangkan uji statistik yang digunakan adalah chi square.

Berdasarkan hasil pene1itian didapatkan bahwa responden yang melakukan perawatan genetalia dengan benar adalah 24 responden (37,5%) dan responden yang melakukan perawatan genetalia tidak benar sebanyak 40 responden (62,5%). Berdasarkan uji chi square terdapat hubungan antara personal hygiene (perawatan genetalia) dengan kejadian keputihan pada remaja putri.

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa personal hygiene (perawatan genetalia) dapat mempengaruhi keputihan, sehingga diharapkan agar masyarakat khususnya remaja putri perlu lebih mengerti tentang pentingnya personal hygiene (perawatan genetalia) dengan benar, dan diharapkan agar masyarakat lebih mengerti tentang pentingnya personal hygiene (perawatan genetalia) dengan benar sehingga tidak berpengaruh terhadap kesehatan reproduksi jangka pendek maupun jangka panjang.

Kata kunci : personal hygiene (perawatan genetalia), keputihan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar